Pertemuan 5 : Sesi Pengajaran Pancasila 3
PERTEMUAN 5
(Sesi Pengajaran Pancasila 3)
Pertemuan 5 (18 Oktober 2017) :
- (07.45) Briefing dengan anggota kelompok.
- (08.00) Tiba di lokasi.
- (08.15) Mobilisasi para murid KB, TK-B 1, TK-A 2, dan TK-B 3 untuk berdoa Rosario pagi.
- (08.20) Pelaksanaan doa Rosario pagi.
- (08.40) Doa Rosario pagi selesai.
- (08.45) Foto bersama para guru dan murid-murid KB, TK-B 1, TK-A 2, dan TK-B 3.
- (09.00) Memulai pengajaran Pancasila sila ke-5 dan pelaksanaan kegiatan kreativitas mewarnai Burung Garuda di kelas TK-B 1, TK-A 2, dan TK-B 3.
- (10.00) Kelas pengajaran sesi 1 selesai.
- (10.05) Menyambut para murid TK-A 1, TK-B 2, dan TK-A 3 dengan bersalaman di dekat gerbang masuk sekolah.
- (10.10) Evaluasi pengajaran sesi 1.
- (10.20) Pelaksanaan doa Rosario siang.
- (10.45) Doa Rosario siang selesai.
- (11.00) Istirahat.
- (12.00) Memulai pengajaran Pancasila sila ke-5 dan pelaksanaan kegiatan kreativitas mewarnai Burung Garuda di kelas TK-A 1, TK-B 2, dan TK-A 3.
- (13.00) Kelas pengajaran sesi 2 selesai.
- (13.15) Pemberian kue sebagai bentuk penghargaan dan ucapan terima kasih kepada sekolah KB-TK Santo Kristoforus II atas kerjasama dan kesempatan mengajar yang diberikan, diwakili oleh Ibu Chrisentiana Mianti Astuti, S.Pd.AUD selaku kepala sekolah.
Anggota kelompok yang hadir :
1. Gregorius Natanael Elwirehardja - 2101629022
2. Nicholas Dominic - 2101628594
3. Andrew Steven Sams - 2101628505
4. Arvin Melvillo - 2101628650
5. Hendy - 2101632225
6. Hiromi Jorge Akbar Aljofari - 2101668585
Video Pertemuan 5 : https://drive.google.com/open?id=0B7ifvHZ3d9OOVExhc3JjQTUxMkE
Rabu, 18 Oktober 2017 (Sesi 1)
|
Rabu, 18 Oktober 2017 (Sesi 2)
|
||||
Kelas TK-B 1
|
:
|
Gregorius Natanael E.
Hiromi Jorge
|
Kelas TK-A 1
|
:
|
Arvin Melvillo
Andrew Steven Sams
|
Kelas TK-A 2
|
:
|
Arvin Melvillo
Andrew Steven Sams
|
Kelas TK-B 2
|
:
|
Gregorius Natanael E.
Hiromi Jorge
|
Kelas TK-B 3
|
:
|
Nicholas Dominic
Hendy
|
Kelas TK-A 3
|
:
|
Nicholas Dominic
Hendy
|
Kreativitas para
murid TK Santo Kristoforus II diuji pada pertemuan terakhir hari ini. Sebab,
selain menyampaikan materi Pancasila sila kelima, mereka juga akan mewarnai
gambar Burung Garuda Pancasila yang telah kelompok kami sediakan.
Seperti biasa, kelompok kami memulai
briefing sebelum pertemuan kelima ini dilaksanakan. Kemudian, karena pertemuan
ini masih di dalam hari-hari bulan Rosario, para murid KB-TK pada pagi dan
siang hari menjalani doa bersama di aula (pendopo) yang dibuka dan ditutup
dengan lagu yang sama seperti sebelumnya: Ave Maria. Terlihat di sini bahwa
KB-TK Santo Kristorofus II terus membina anak-anak didiknya agar karakter
rohani mereka terbentuk. Memang, beberapa anak masih belum bisa mengikutinya
dengan baik. Namun ada juga yang aktif jika diminta oleh pihak guru untuk
membacakan Doa Salam Maria. Bahkan, walaupun beberapa anak TK-A (misalnya)
masih belum bisa untuk mengeja dengan jelas, mereka tetap semangat membuka
suara untuk berdoa Salam Maria.
Sesi pengajaran hari ini dibuka pada pukul 09.00 untuk sesi 1
dan pukul 12.00 untuk sesi 2. Karena sudah satu minggu tidak bertemu, kami memulai
materi dengan mengulang sedikit tentang sila pertama hingga keempat, lalu
dilanjutkan dengan sila kelima. Ketika membahas sila kelima, kami
memberitahukan kepada mereka agar bersikap adil dengan sesamanya. Tak lupa,
video penerapan sila kelima Pancasila pun kami tampilkan sehingga mereka
terhibur sambil tetap mengedukasi. Selanjutnya, sesi mewarnai dimulai. Para
murid diberikan secarik kertas hitam putih bergambar Burung Garuda untuk
diwarnai seperti gambar asli yang telah kami contohkan lewat media proyektor.
Waktu untuk setiap sesi telah kami atur sedemikian rupa: pengajaran sila kelima
tidak terlalu lama (namun tetap tersampaikan dengan baik), sehingga ada waktu
lebih banyak bagi murid-murid untuk mewarnai.
Kebijakan penilaian diberikan kepada
masing-masing pengajar dari tiap kelas. Kami menyiapkan hadiah berupa coklat
(Beng-Beng) untuk juara terbaik dan permen (Mentos) untuk juara harapan. Jelas,
belum semua murid dapat menyalurkan kreativitasnya lewat mewarnai. Namun ada
beberapa hal yang membuat kami terkagum mengenai mereka. Salah satunya adalah
cara berpikir kreatif mereka tentang warna. Ketika pensil warna yang ingin
digunakan tidak ada, beberapa murid menggunakan alternatif terdekat dari warna
kuning, yaitu warna jingga, untuk mewarnai tubuh Burung Garuda. Mereka
berinisiatif sendiri akan hal tersebut, tidak atas dasar bantuan kami atau
pihak guru. Kami tetap memantau dan membantu para murid untuk mewarnai agar
tidak keluar garis dan campuran warna yang digunakan tepat (sesuai).
Pada akhirnya, lewat kegiatan
mewarnai gambar Burung Garuda ini diharapkan para murid tetap mengingat
setidaknya apa itu Pancasila beserta lambang-lambangnya. Kami yakin, seiring
bertambahnya usia dan jenjang pendidikan yang ditempuh, kreativitas mereka akan
semakin teruji sehingga kian hari kian berkembang.
Tak lupa, karena ini adalah hari terakhir mengajar di TK
Santo Kristoforus II, kami pun berfoto bersama tiap-tiap kelas. Juga, juara
mewarnai Burung Garuda dari tiap-tiap kelas. Seusai sesi 2, kami pun memberikan
sedikit penghargaan dan ucapan terima kasih kepada pihak sekolah KB-TK Santo
Kristoforus II, yang diwakili oleh kepala sekolah. Kami juga meminta para guru
menuliskan pesan dan kesannya selama kami mengajar di sana (dapat dibaca pada bagian lampiran dari laporan
ini).
Momen kebersamaan bersama para murid
TK Santo Kristoforus II rasanya takkan berakhir sampai di sini. Pihak sekolah
tetap membuka KB-TK Santo Kristoforus II dengan senang hati untuk kami kunjungi
di kemudian hari.
Berikut adalah foto-foto selama pertemuan 5 berlangsung :
Briefing dengan anggota kelompok |
Kegiatan doa rosario pagi |
Mobilisasi para murid TK agar kegiatan doa rosario berjalan lancar |
Foto bersama para guru dan para murid KB, TK-B 1, TK-A 2, dan TK-B 3
SESI 1
Kelas TK-B 3 |
Kelas TK-B 1 |
Kelas TK-A 2 |
4 Murid Kelas TK-B 3 yang berhasil mewarnai lambang pancasila dengan sangat baik |
|
Kegiatan doa rosario siang |
SESI 2
Kelas TK-A 3 |
Kelas TK-A 1 |
Kelas TK-B 2 |
Kegiatan mewarnai lambang pancasila |
3 murid kelas TK-A 3 yang berhasil mewarnai lambang pancasila dengan sangat baik |
4 murid kelas TK-A 1 yang berhasil mewarnai lambang pancasila dengan sangat baik |
4 murid kelas TK-B 2 yang berhasil mewarnai lambang pancasila dengan sangat baik |
Komentar
Posting Komentar