Pertemuan 5 : Sesi Pengajaran Pancasila 3

PERTEMUAN 5
(Sesi Pengajaran Pancasila 3)


Pertemuan 5 (18 Oktober 2017) :
  1. (07.45) Briefing dengan anggota kelompok.
  2. (08.00) Tiba di lokasi.
  3. (08.15) Mobilisasi para murid KB, TK-B 1, TK-A 2, dan TK-B 3 untuk berdoa Rosario pagi.
  4. (08.20) Pelaksanaan doa Rosario pagi.
  5. (08.40) Doa Rosario pagi selesai.
  6. (08.45) Foto bersama para guru dan murid-murid KB, TK-B 1, TK-A 2, dan TK-B 3.
  7. (09.00) Memulai pengajaran Pancasila sila ke-5 dan pelaksanaan kegiatan kreativitas mewarnai Burung Garuda di kelas TK-B 1, TK-A 2, dan TK-B 3.
  8. (10.00) Kelas pengajaran sesi 1 selesai.
  9. (10.05) Menyambut para murid TK-A 1, TK-B 2, dan TK-A 3 dengan bersalaman di dekat gerbang masuk sekolah.
  10.  (10.10) Evaluasi pengajaran sesi 1.
  11. (10.20) Pelaksanaan doa Rosario siang.
  12. (10.45) Doa Rosario siang selesai.
  13. (11.00) Istirahat.
  14. (12.00) Memulai pengajaran Pancasila sila ke-5 dan pelaksanaan kegiatan kreativitas mewarnai Burung Garuda di kelas TK-A 1, TK-B 2, dan TK-A 3.
  15. (13.00) Kelas pengajaran sesi 2 selesai.
  16. (13.15) Pemberian kue sebagai bentuk penghargaan dan ucapan terima kasih kepada sekolah KB-TK Santo Kristoforus II atas kerjasama dan kesempatan mengajar yang diberikan, diwakili oleh Ibu Chrisentiana Mianti Astuti, S.Pd.AUD selaku kepala sekolah.
Anggota kelompok yang hadir :

1. Gregorius Natanael Elwirehardja - 2101629022
2. Nicholas Dominic - 2101628594
3. Andrew Steven Sams - 2101628505
4. Arvin Melvillo - 2101628650
5. Hendy - 2101632225
6. Hiromi Jorge Akbar Aljofari - 2101668585

Rabu, 18 Oktober 2017 (Sesi 1)
Rabu, 18 Oktober 2017 (Sesi 2)
Kelas TK-B 1
:
Gregorius Natanael E.
Hiromi Jorge
Kelas TK-A 1
:
Arvin Melvillo
Andrew Steven Sams
Kelas TK-A 2
:
Arvin Melvillo
Andrew Steven Sams
Kelas TK-B 2
:
Gregorius Natanael E.
Hiromi Jorge
Kelas TK-B 3
:
Nicholas Dominic
Hendy
Kelas TK-A 3
:
Nicholas Dominic
Hendy


          Kreativitas para murid TK Santo Kristoforus II diuji pada pertemuan terakhir hari ini. Sebab, selain menyampaikan materi Pancasila sila kelima, mereka juga akan mewarnai gambar Burung Garuda Pancasila yang telah kelompok kami sediakan.

          Seperti biasa, kelompok kami memulai briefing sebelum pertemuan kelima ini dilaksanakan. Kemudian, karena pertemuan ini masih di dalam hari-hari bulan Rosario, para murid KB-TK pada pagi dan siang hari menjalani doa bersama di aula (pendopo) yang dibuka dan ditutup dengan lagu yang sama seperti sebelumnya: Ave Maria. Terlihat di sini bahwa KB-TK Santo Kristorofus II terus membina anak-anak didiknya agar karakter rohani mereka terbentuk. Memang, beberapa anak masih belum bisa mengikutinya dengan baik. Namun ada juga yang aktif jika diminta oleh pihak guru untuk membacakan Doa Salam Maria. Bahkan, walaupun beberapa anak TK-A (misalnya) masih belum bisa untuk mengeja dengan jelas, mereka tetap semangat membuka suara untuk berdoa Salam Maria.

          Sesi pengajaran hari ini dibuka pada pukul 09.00 untuk sesi 1 dan pukul 12.00 untuk sesi 2. Karena sudah satu minggu tidak bertemu, kami memulai materi dengan mengulang sedikit tentang sila pertama hingga keempat, lalu dilanjutkan dengan sila kelima. Ketika membahas sila kelima, kami memberitahukan kepada mereka agar bersikap adil dengan sesamanya. Tak lupa, video penerapan sila kelima Pancasila pun kami tampilkan sehingga mereka terhibur sambil tetap mengedukasi. Selanjutnya, sesi mewarnai dimulai. Para murid diberikan secarik kertas hitam putih bergambar Burung Garuda untuk diwarnai seperti gambar asli yang telah kami contohkan lewat media proyektor. Waktu untuk setiap sesi telah kami atur sedemikian rupa: pengajaran sila kelima tidak terlalu lama (namun tetap tersampaikan dengan baik), sehingga ada waktu lebih banyak bagi murid-murid untuk mewarnai.

          Kebijakan penilaian diberikan kepada masing-masing pengajar dari tiap kelas. Kami menyiapkan hadiah berupa coklat (Beng-Beng) untuk juara terbaik dan permen (Mentos) untuk juara harapan. Jelas, belum semua murid dapat menyalurkan kreativitasnya lewat mewarnai. Namun ada beberapa hal yang membuat kami terkagum mengenai mereka. Salah satunya adalah cara berpikir kreatif mereka tentang warna. Ketika pensil warna yang ingin digunakan tidak ada, beberapa murid menggunakan alternatif terdekat dari warna kuning, yaitu warna jingga, untuk mewarnai tubuh Burung Garuda. Mereka berinisiatif sendiri akan hal tersebut, tidak atas dasar bantuan kami atau pihak guru. Kami tetap memantau dan membantu para murid untuk mewarnai agar tidak keluar garis dan campuran warna yang digunakan tepat (sesuai).

          Pada akhirnya, lewat kegiatan mewarnai gambar Burung Garuda ini diharapkan para murid tetap mengingat setidaknya apa itu Pancasila beserta lambang-lambangnya. Kami yakin, seiring bertambahnya usia dan jenjang pendidikan yang ditempuh, kreativitas mereka akan semakin teruji sehingga kian hari kian berkembang.

          Tak lupa, karena ini adalah hari terakhir mengajar di TK Santo Kristoforus II, kami pun berfoto bersama tiap-tiap kelas. Juga, juara mewarnai Burung Garuda dari tiap-tiap kelas. Seusai sesi 2, kami pun memberikan sedikit penghargaan dan ucapan terima kasih kepada pihak sekolah KB-TK Santo Kristoforus II, yang diwakili oleh kepala sekolah. Kami juga meminta para guru menuliskan pesan dan kesannya selama kami mengajar di sana (dapat dibaca pada bagian lampiran dari laporan ini).

          Momen kebersamaan bersama para murid TK Santo Kristoforus II rasanya takkan berakhir sampai di sini. Pihak sekolah tetap membuka KB-TK Santo Kristoforus II dengan senang hati untuk kami kunjungi di kemudian hari.

Berikut adalah foto-foto selama pertemuan 5 berlangsung :

Briefing dengan anggota kelompok


Kegiatan doa rosario pagi

Mobilisasi para murid TK agar kegiatan doa rosario berjalan lancar




Foto bersama para guru dan para murid KB, TK-B 1, TK-A 2, dan TK-B 3






 SESI 1

Kelas TK-B 3

Kelas TK-B 1


Kelas TK-A 2


4 Murid Kelas TK-B 3 yang berhasil mewarnai lambang pancasila dengan sangat baik

4 Murid Kelas TK-B 1 yang berhasil mewarnai lambang pancasila dengan sangat baik

 

Kegiatan doa rosario siang






SESI 2

Kelas TK-A 3


Kelas TK-A 1




Kelas TK-B 2



Kegiatan mewarnai lambang pancasila

3 murid kelas TK-A 3 yang berhasil mewarnai lambang pancasila dengan sangat baik

4 murid kelas TK-A 1 yang berhasil mewarnai lambang pancasila dengan sangat baik

4 murid kelas TK-B 2 yang berhasil mewarnai lambang pancasila dengan sangat baik

Pemberian kue sebagai bentuk penghargaan dan ucapan terima kasih kepada sekolah KB-TK Santo Kristoforus II atas kerjasama dan kesempatan mengajar yang diberikan, diwakili oleh Ibu Chrisentiana Mianti Astuti, S.Pd.AUD selaku kepala sekolah.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Akhir Character Building : Pancasila

Pertemuan 2 : Misa Pembukaan Bulan Rosario

Pertemuan 1 : Survei dan Perizinan